Cara Mengolah Kulit Buah Manggis

Cara Mengolah Kulit Buah Manggis - Manggis merupakan buah yang mempunyai banyak kandungan gizi dan manfaat yang terkandung didalamnya. kulit buah manggis bisa di olah menjadi jus dan memiliki kandungan gizi yang banyak. kulit manggis harus di olah secara benar agar kandungan gizi yang diharapkan bisa dimilikinnya, ketika salah mengolah kulit buah manggis yang seharusnya menjadi obat untuk menjaga kesehatan tubuh malah bisa menjadi racun yang mematikan untuk tubuh kita. dalam artikel yang berjudul khasiat kulit manggis untuk kesehatan sudah disinggung bahwa kulit manggis sangat berkhasiat atau bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit, salah satu senyawa yang terkandung dalam kulit manggis adalah xanthone yang memiliki antioksidan yang tinggi. tetapi bukan berarti kulit manggis boleh dimakan begitu saja.


Cara Mengolah Kulit Buah Manggis

Manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan tubuh antara lain :
  • Memperkuat sistem immune sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit ringan seperti flu, batuk maupun demam.
  • Karena kekebalan tubuh sudah meningkat, proses penyembuhan luka akan berjalan lebih cepat dari sebelumnya.
  • Seperti halnya daging buah manggis, kulitnya juga berguna untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) serta mengontrol tekanan darah.
  • Jika laju darah sudah terkontrol maka pembuluh darah bertambah kuat dan kesehatan jantung bisa terjaga dengan baik.
  • Sedangkan bagi sistem pencernaan, meminum jus kulit manggis secara teratur berkhasiat mengatasi diare dan mencegah peradangan usus.
  • Bagi anda yang menderita sakit maag, manfaat kulit buah manggis adalah menyembuhkan sakit yang anda derita jika rajin meminumnya.
  • Untuk anda yang mementingkan penampilan, kandungan zat anti oksidan di dalamnya berperan penting dalam melawan radikal bebas sehingga anda tetap terlihat awet muda.
  • Bagi seorang wanita, minum ekstrak kulit manggis saat siklus haid bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit sebelum menstruasi (PMS).
  • Mencegah terjadinya penumpukan lemak berkat manfaat zat xanthone dalam buah manggis sehingga membantu menurunkan berat badan.
  • Beberapa penyakit ganas yang bisa dijauhkan dan disembuhkan dengan meminum olahan kulit manggis adalah kanker, diabetes, TBC, HIV AIDS, asam urat maupun asma (disesuaikan dengan komposisi masing-masing olahan).
Bahan-bahan Jus Kulit Manggis

  • Kulit manggis yang masih segar
  • Pemanis seperti gula jawa, gula aren atau madu
  • Air matang secukupnya
  • Blender segala merk
  • Es batu jika perlu

Cara membuat :

  • Ambil kulit manggis kemudian kerok bagian dalamnya yang ada selaput putih seperti benang. Untuk mempermudah proses ini, pilih kulit buah yang masih segar atau membeli buah manggis kemudian manfaatkan kulitnya.
  • Masukkan ke dalam blender bersama air, proses sampai halus. Sesuaikan jumlah air dengan banyaknya kulit manggis untuk meminimalkan rasa pahit.
  • Tuang ke dalam gelas lalu tambahkan madu atau gula jawa yang sudah dihancurkan agar rasa pahit bisa berkurang. Aduk-aduk beberapa saat.
  • Agar lebih segar, sajikan dengan menambahkan es batu di atasnya.

Selain mengolah menjadi juz bisa juga kita
Tahapan Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat adalah sebagai berikut :


  1. Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat
    Yang harus kita lakukan adalah memisahkan kulit manggis dengan buah dan bijinya.
  2. Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat
    Kulit manggis dibersihkan dan gunakan sendok untuk mengeruk bagian kulit manggis, pisahkan dari kulit keras yang berada pada bagian luarnya.
  3. Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat
    Simpan di lemari pendingin kulit manggis yang sudah dipisahkan
  4. Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat
    Kulit Manggis tersebut dicampur dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1:2 lalu masukkan ke mesin blender untuk dihancurkan.
  5. Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat
    Setelah diblender, endapkan campuran kulit manggis tersebut selama 24 jam. Kemudian saring untuk memisahkan ampas dengan ekstrak xanthone kulit manggis.

Agar terasa enak, ekstrak kulit manggis tersebut dapat dicampur dengan madu murni. Untuk pewarna alami bisa dicampur dengan sari bunga rosella, untuk penambah rasa bisa ditambahkan dengan apel atau anggur.

Apa Ada Resiko Keracunan Setelah Meminum Jus Kulit Manggis ?

Beberapa tanda anda mengalami keracunan karena olahan manggis adalah diare dan muntah-muntah. Untuk mencegahnya, minumlah olahan kulit manggis dalam jumlah yang sedikit selama beberapa hari. Tujuannya untuk melihat reaksi tubuh terhadap zat-zat alami yang terkandung di dalamnya.

Atau, anda bisa membeli ekstrak kulit manggis yang sudah dikemas sebagai produk herbal. Pilihlah produk yang sudah terdaftar pada Depkes RI atau memiliki sertifikat Badan pengawas obat dan makanan (BPOM).

Demikianlah ulasan tentang cara mengolah dan khasiat jus kulit manggis semoga bermanfaat dan selamat mencoba...

0 Response to "Cara Mengolah Kulit Buah Manggis "

Posting Komentar

wdcfawqafwef